PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS ETNOSAINS PADA BATIK SEKAR JAGAD KEBUMEN UNTUK MENUMBUHKAN NILAI KARAKTER SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA
Abstrak
Indonesia memiliki kekayaan budaya yang harus dilestarikan. Salah satu upaya pelestarian yang dapat dilakkan dengan mengintegrasikan budaya ke dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengenalkan dan mengeksplorasi batik sekar jagad Kebumen yang merupakan aset budaya masyarakat. Selain itu, untuk mengetahui respon atau tanggapan siswa terhadap pembelajaran sains berbasis etnosains. Metode penelitian yang digunakan adalah deskripsi kualitatif. Populasi pada penelitain ini adalah siswa XI MIPA, sedankan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 1, XI MIPA 2 an XI MIPA 3. Sumber data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data sekunder diperoleh dari studi pustaka jurnal , buku, atau sumber bacaan lain sebagai referensi untuk menambah pengetahuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sains berbasis etnosains batik sekar jagad Kebumen dapat memberikan pengetahuan mengenai asset budaya yang ada di Kebumen. Pembelajaran ini memiliki tanggapan yang positif dari siswa. Pengetahuan siswa terhadap aset budaya Kebumen meningkat, dan nilai karakter peduli lingkungan siswa juga terbentuk.
Kata kunci : budaya, etnosains, nilai karakter