Strategi Pengembangan Geopark Kebumen Dengan Analisis SWOT Sebagai Pariwisata Bebasis Kebudayaan Menuju UNESCO Global Geopark
Abstrak
Masyarakat Kebumen memiliki berbagai latar belakang budaya, agama, dan etnis. Namun demikian, mereka mampu bertahan dalam keberagaman. Dengan adanya Geopark Kebumen dan potensi pariwisatanya, eksistensi Kebumen menjadi lebih menarik untuk dijejaki. Namun, komodifikasi adalah bagian dari kemajuan zaman dalam sektor pariwisata. Oleh karena itu, metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang fenomena yang dialami subjek penelitian. Selain itu, analisis swot, yang diharapkan akan memberikan gambaran dan informasi tentang strategi Geopark yang berbasis budaya di Kebumen. Komodifikasi budaya mengubah budaya menjadi barang yang memiliki nilai lebih dan dapat diperjualbelikan.Hal tersebut merubah budaya yang mulanya merupakan relasi sosial menjadi relasi ekonomi. Oleh karena itu penting dilakukan pendekatan historis dan pendekatan sosial dalam kajian untuk mengeHal tersebut mendorong peneliti untuk mengetahui lebih dalam lagi sejauh mana komodifikasi dilakukan dalam industri pariwisata yang berbasis budaya di Kebumen, dengan tujuan untuk dapat memberikan informasi mengenai strategi yang tepat yang dapat diaplikasikan. Hasil dari kajian ini memberikan gambaran tentang Geopark Pariwisata Budaya di Kebumen yang mana diharapkan berbagai elemen masyarakat dapat membantu melestarikan kebudayaan sebagai identitas diri dan mempertahankan eksistensinya.